Ekonomi Bisa Tumbuh Lewat Sektor Game

Ekonomi Bisa Tumbuh Lewat Sektor Game :

Game
Game

Ketika sektor bisnis lain tidak aktif, industri game Indonesia tumbuh positif selama pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk mencari hiburan di rumah, salah satunya adalah permainan.

Inilah mengapa pertumbuhan pemain telah meningkat secara dramatis dalam satu tahun terakhir, yang akhirnya mempercepat pertumbuhan industri game.

Pertumbuhan bisnis gaming menjadi penanda positif bagi industri kreatif digital di tengah krisis global. Sisi lain dari pertumbuhan bisnis game juga memberikan nilai positif dari sisi bisnis digital.

Menurut data dari World Economic Forum (WEF), pasar video game global diperkirakan mencapai $ 159 miliar pada tahun 2020, atau kira-kira empat kali lipat pendapatan box office ($ 43 miliar pada 2019) dan tiga kali lipat pendapatan. industri musik (57 miliar pada 2019).

Pangsa pasar terbesar berasal dari Asia-Pasifik. Indonesia, dalam peluncuran Global Market Games Reports 2020, Newzoo, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultan bisnis untuk game dan E-Sports (olahraga elektronik), mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna game terbesar di pasar Asia Tenggara.

Newzoo mencatat pendapatan industri game pada 2019 mencapai $ 1,1 miliar dan menjadi pasar enterprise terbesar di Asia Tenggara.

Sedangkan pada 2019, menurut data Indonesia Esports Premier League (IESPL), terdapat 62,1 juta orang yang aktif bermain di Tanah Air. Angka tersebut membawa Indonesia ke peringkat 12 pasar game dengan jumlah pemain terbanyak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *